Cryptobook Logo

10 Uang Crypto Terbaik untuk Investasi di 2022

uang kripto terbaik untuk investasiFoto: Pixabay

Meski sudah hadir sejak tahun 2009 silam, namun uang kripto (crypto) baru mulai ramai diperbincangan dalam beberapa waktu belakangan ini, karena semakin maraknya orang yang berinvestasi aset digital tersebut.

Uang crypto dianggap sebagai investasi yang dapat memberikan keuntungan berlipat ganda pada pemiliknya. Namun apakah benar demikian? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan uang crypto.

Pengertian uang crypto yang dikutip dari Investopedia berbunyi; "cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan ganda".

Cryptocurrency juga bisa disebut sebagai sebuah jaringan yang terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain, dengan karakteristik sebagai mata uang digital yang tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun.

Berdasarkan pemahaman tersebut, maka secara teori, uang crypto kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Uang Crypto Terbaik untuk Investasi

uang kripto terbaik untuk investasiFoto: Pixabay

Memilih uang crypto sebagai pilihan investasi tampaknya telah menjadi salah satu opsi terbaik di era digital ini. Pertanyaannya adalah, uang crypto apa yang sebaiknya dipilih? Selain itu, perlu diingat kalau investasi uang crypto bukan sesuatu yang instan. Semuanya perlu dilakukan dengan perencanaan jangka panjang yang matang.

Jadi, jangan mudah terbuai dengan iming-iming akan untung besar dalam waktu yang cepat. Ingat, selain banyak orang yang sukses dalam berinvestasi uang crypto, tidak sedikit pula yang gagal dan mengalami kerugian besar karena salah perhitungan.

Lalu uang crypto atau platform crypto apa saja yang banyak diprediksi oleh pengamat cryptocurrency akan memberikan keuntungan besar di masa yang akan datang? Berikut daftar uang crypto terbaik untuk investasi jangka panjang.

1. Bitcoin (BTC)

Bicara soal uang crypto, maka tidak mungkin tanpa menyebutkan Bitcoin (BTC), yang menjadi cikal bakal kepopuleran uang crypto hingga hari ini. Uang crypto ini diciptakan oleh seseorang yang menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto di tahun 2009.

BTC adalah cryptocurrency pertama yang berjalan di blockchain yang didistribusikan melalui ribuan jaringan komputer. Bitcoin merupakan uang crypto yang paling bagus untuk berinvestasi, namun sayang untuk mendapatkanya saat ini sudah cukup sulit.

Sebagai pelopor cryptocurrency harga dari uang crypto ini telah meroket hingga angka yang sangat tinggi. Berdasarkan laporan Forbes, harga terendah 1 Bitcoin di tahun 2016 tercatat Rp 7 jutaan bila dirupiahkan.

Pada bulan Februari 2022, harga terendah Bitcoin telah mencapai sekitar Rp 500 jutaan bila dirupiahkan.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum (ETH) meraih popularitasnya sebagai salah satu uang crypto terpopuler dan banyak menjadi pilihan investasi di Indonesia karena kemudahannya untuk ditukar ke rupiah.

Platform ETH menggunakan mata uang yang disebut Ether, dan merupakan uang crypto paling berharga kedua di dunia saat ini. ETH saat ini lebih sering dikaitkan dengan marketplace NFT sebagai salah cara untuk mendapatkannya melalui penjualan aset digital.

Selain dari marketplace NFT, ETH juga bisa didapatkan dengan cara bermain game berbasis crypto. Penggemar game online bisa dengan mudahnya menemukan game crypto dari berbagai genre mulai dari racing, adventure, RPG.

Meski menjadi salah satu uang crypto paling menguntungkan untuk berinvestasi, namun ETH pernah mengalami penurunan nilai hingga mencapai 50% di bulan Januari 2022.

3. Solana (SOL)

Solana (SOL) adalah uang crypto yang selalu membayang-bayangi ETH karena posisinya yang sangat sering bersinggungan di pasar uang crypto, apalagi dengan keunggulannya sebagai salah satu uang crypto dengan biaya transaksi yang rendah.

SOL menggunakan aplikasi yang terdesentralisasi bernama DApps dan berjalan dengan mekanisme bukti kepemilikan dan riwayat hibrida, yang membuatnya cukup cepat pada setiap prosesn transaksinya.

Harga tertinggi 1 SOL yang pernah muncul di pasaran mencapai Rp 3 jutaan bila dirupiahkan, namun memasuki awal tahun 2022, harganya turun di kisaran angka Rp 1 jutaan.

uang crypto terbaik untuk investasiFoto: Pexels

4. Dogecoin (DOGE)

Uang crypto yang naik daun setelah dipopulerkan oleh Elon Musk ini merupakan salah satu opsi yang relatif aman untuk berinvestasi karena harganya masih cukup murah saat ini. Saking murahnya, harga 1 DOGE tertinggi di tahun 2021 hanya Rp 10,000 saja.

Memasuki tahun 2022, Dogecoin masih menjadi pilihan investasi uang crypto bagi pemilik yang mencari aman, dengan risiko kerugian yang terbilang kecil. Namun perlu diketahui bahwa nilainya di pasaran telah turun hingga 80% bila dibandingkan dengan tahun 2021.

Pepatah sedikit demi sedikit menjadi bukit tampaknya berlaku untuk DOGE, terutama bagi pemilik yang memilih investasi jangka panjang. Kalaupun mengalami kerugian, dampaknya tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan jenis-jenis uang crypto lainnya.

5. Binance Coin (BNB)

Pada awal kemunculannya, Binance Coin (BNB) hanya dapat digunakan pada platform pertukaran Binance saja. Namun kini, uang crypto ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti jual beli.

Salah satu kemudahan dari BNB untuk digunakan bertransaksi adalah kelebihannya untuk dapat ditukar ke dalam bentuk uang crypto lainnya seperti Ethereum (ETH) atau Bitcoin (BTC), sehingga menjadikannya cukup fleksibel di pasaran.

Berdasarkan laporan dari Forbes, harga 1 BNB di bulan Februari 2022 telah mencapai Rp 5 jutaan bila dirupiahkan, dan pergerakan grafiknya terlihat menjanjikan, sehingga cocok dipilih sebagai investasi crypto.

6. Avalanche (AVAX)

Salah satu uang crypto yang juga sedang menikmati kepopulerannya adalah Avalanche (AVAX) yang perlahan-lahan mulai merangkak naik untuk menyalip Ethereum (ETH), karena memiliki biaya transaksi yang rendah.

Alasan tersebut membuat AVAX yang sangat fluktuatif di pasaran ini dapat dengan murah “mencuri” pangsa pasar ETH yang memang sudah umum diketahui memiliki biaya cukup tinggi.

uang crypto terbaik untuk investasiFoto: Pexels

7. Shiba Inu (SHIB)

Uang crypto Shiba Inu (SHIB) adalah salah satu cryptocurrency terpopuler sejak awal tahun 2022, terutama bagi pemilik yang ingin berinvestasi jangka panjang. Nilainya terus membaik seiring dengan tren yang terjadi di pasaran.

Banyak ahli cryptocurrency yang menyebutkan bahwa investasi SHIB adalah sesuatu yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi, uang crypto ini telah berhasil menguasai kapitalisasi pasar yang kuat hingga lebih dari 11 milyar dolar AS di awal tahun 2022.

8. Tether (USDT)

Tether (USDT) adalah uang crypto yang sangat unik dan berbeda dari jenis-jenis uang crypto lain yang telah dibahas dalam artikel ini, karena masuk dalam kategori stablecoin, yang berarti, uang crypto ini juga didukung oleh mata uang fiat (kertas) mulai dari dollar AS, Euro, hingga poundsterling.

Posisi USDT di pasar uang crypto tersebut, membuatnya jadi peluang investasi yang cukup menguntungkan dalam jangka panjang, karena secara teori berarti nilainya akan konsisten. Jadi bagi Anda yang masih takut rugi besar, bisa coba investasi USDT.

9. Terra

Seperti USDT, Terra juga merupakan uang crypto berjenis stablecoin, sehingga merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk berinvestasi jangka panjang. Ada dua jenis cryptocurrency yang didukung oleh Terra yaitu TerraUSD yang nilainya kurang lebih setara dengan mata uang fiat (kertas).

Jenis keduanya adalah Luna yang berfungsi untuk mencetak lebih banyak stablecoin untuk Terra. Keduanya saling melengkapi dan bekerja secara bersamaan, karena ketika nilai salah satunya turun, maka uang crypto satunya bisa digunakan untuk menghasilkan lebih banyak cryptocurrency yang turun tersebut.

10. XRP

XRP adalah uang crypto yang digunakan oleh Bank untuk melakukan transaksi perbankan secara internasional, untuk menggantikan metode SWIFT yang prosesnya dianggap terlalu lama dan berbiaya mahal.

Keunggulan ini menjadikan XRP sebagai jaringan blockchain yang paling inovatif di antara yang lainnya. Apalagi mereka juga telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 200 bank di seluruh dunia.

Selain itu, keunggulan lain dari XRP adalah proses yang cepat (4-5 detik), dengan biaya transaksi yang jauh lebih murah dari metode SWIFT, berapapun jumlah uang yang ditransfer. Artinya, tidak ada Batasan minimum, dan tarifnya flat.

Dengan semua keunggulan tersebut, XRP menjadi cukup stabil di pasaran uang crypto, yang sekaligus pas untuk berinvestasi. XRP dapat digunakan untuk uang fisik maupun beberapa jenis uang crypto lainnya.

Mulai Investasi Uang Kripto?

uang crypto terbaik untuk investasiFoto: Pixabay

Dengan meningkatnya popularitas uang crypto, maka kini adalah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi. Asal dilakukan dengan perencanaan yang matang, maka keuntungan juga bisa didapatkan seiring waktu.

Saran kami, jangan terjun ke ranah ini bila Anda hanya ingin ikut-ikutan berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Seperti investasi lainnya, investasi uang crypto juga memiliki risiko yang beragam, dan pada kebanyakan kasus, dapat mendatangkan kerugian yang tidak sedikit.

Sebaiknya, Anda mempelajari dulu tentang cryptocurrency sebelum terjun langsung untuk berinvestasi. Bila belum familiar, Anda bisa memulainya dari daftar uang crypto yang telah kami jabarkan.


#cryptocurrency

Artikel Terkait