Cryptobook Logo

Cara Meminimalkan Kerugian Saat Pasar Crypto Sedang Sepi

tips investasi kriptoFoto: Pexels

Terjun berinvestasi berarti harus siap dengan segala resikonya, apalagi ketika kondisi pasar sedang sepi dan nilai investasi turun. Begitu juga dengan cryptocurrency. Tidak selamanya investasi berada di posisi yang baik, karena harga yang jatuh dapat terjadi setiap saat.

Sebagai investor, kamu harus siap untuk menghadapi segala macam situasi pasar. Pergerakan pasar cryptocurrency tergolong cepat. Pada satu waktu kita bisa untung banyak, di waktu yang berbeda akan merugi. Lalu bagaimana cara untuk meminimalkan kerugian investasi crypto?

Cara Meminimalkan Kerugian Investasi Crypto

Kerugian yang diakibatkan sepinya pasar crypto dapat membuat investor patah semangat, terutama para investor pemula yang belum memiliki banyak pengalaman trading. Tidak jarang langkah yang salah dilakukan, sehingga menyebabkan kerugian bertambah besar.

Melalui artikel ini, Cryptobook menjabarkan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan bila kondisi pasar crypto sedang jatuh, dengan harapan, kerugian yang dialami menjadi lebih kecil dampaknya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kerugian saat kondisi pasar crypto sedang tidak baik.

1. Jangan FOMO

Bagi yang belum familiar dengan istilah FOMO, ini adalah singkatan dari fear of missing out, atau kondisi di mana seseorang merasa takut ketinggalan tren, sehingga cenderung ikut-ikutan. Fenomena FOMO ini sering terjadi dalam dunia crypto.

Salah satu contoh perilaku FOMO adalah selalu ikut-ikutan tanpa tahu apa yang sebenarnya dilakukan. Contohnya tidak perlu jauh-jauh. Beberapa waktu lalu sempat ramai selebritas Indonesia yang gencar mempromosikan investasi crypto.

Karena termakan iming-iming akan mendapatkan untung banyak, para penggemarnya berbondong-bondong membeli aset kripto yang dipromosikan tanpa edukasi yang cukup. Hasilnya mereka mengalami kerugian yang besar karena membeli aseti kripto saat kondisi pasar sedang lesu.

2. Buat Perencanaan yang Matang

Agar tidak mengalami kerugian yang besar ketika berinvestasi crypto, maka dibutuhkan perencanaan yang matang mulai dari membuat gol, hingga memantau situsi pasar untuk menetukan kapan harus membeli, dan kapan harus menjual aset crypto.

Dengan membuat perencanaan jangka panjang yang matang, kamu tidak perlu merasa khawatir ketika kondisi pasar crypto sedang lesu, karena kamu masih punya cukup aset untuk bisa bertahan hingga kondisi pasar kembali membaik.

Bahkan selama pasar crypto sedang sepi, kamu bisa menyusun strategi dari hasil memantau kondisi pasar, ketimbang melakukan panic selling karena takut harganya akan terus turun.

3. Bersabar Menunggu Momen yang Tepat

Investasi tidak bisa menghasilkan keuntungan secara instan, terutama investasi aset crypto. Dibutuhkan kesabaran agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Satu hal yang harus selalu kamu ingat, investasi crypto adalah investasi jangka panjang, sehingga dalam prosesnya diperlukan kesabaran dan tidak terburu-buru.

4. Konversi Aset ke Stablecoin

Kondisi pasar crypto dengan pergerakan yang cepat dapat menimbilkan kekhawatiran bagi beberapa orang. Untuk meminimalkan kerugian saat kondisi pasar sedang tidak baik, maka kamu bisa mengkonversi sebagai aset menjadi Stablecoin.

Salah satu Stablecoin yang populer adalah USDC. Memiliki Stablecoin memang tidak menghindari kamu dari kerugian, namun dapat mengurangi dampaknya, sehingga saat sedang merugi, investasi kamu tetap terjamin.

5. Selalu Melihat Peluang

Kondisi pasar crypto yang sedang lesu tidak berarti kamu akan merugi, justru pada saat ini lah peluang besar bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mempelajari pergerakan aset crypto dengan peluang kenaikan yang tinggi.

Bila yakin, maka kamu bisa langsung membelinya ketika harga sedang jatuh, sehingga ketika kondisi pasarnya mulai membaik, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pembelian tersebut.

Berbeda dengan FOMO, dengan mempelajari situasi pasar, maka kamu akan terbiasa melihat mana potensi aset yang akan mendatangkan keuntungan.

Nah, semoga tips-tips yang telah kami bagikan dapat membantu, ya!


#cryptocurrency

Artikel Terkait