Cryptobook Logo

Cara Mendapatkan Passive Income dari Aset Crypto dan NFT

cara dapat passive income dari nftFoto: Pexels

Kesibukan sehari-hari seperti bekerja dan belajar, terkadang membatasi kita untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan karena keterbatasan waktu dan tenaga. Hal ini melatar belakangi aktivitas untuk mendapatkan passive income.

Passive income atau pendapatan pasif, adalah sumber pemasukan yang tidak membutuhkan usaha lebih (kerja keras). Pemasukan ini hadir melalui pekerjaan pasif yang tidak perlu dilakukan setiap hari, dan hasilnya bisa dilihat pada setiap akhir bulan.

Beberapa contoh pendapatan pasif misalnya mengikuti program affiliates dari marketplace, atau menerima royalti dari karya yang kita buat (buku, musik, artwork, dsb). Selain itu, pendapatan pasif juga bisa kita terima dari crypto dan NFT.

Cara Mendapatkan Passive Income dari Crypto dan NFT

Passive Income atau pendapatan pasif dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui investasi cryptocurrency atau dari hasil transaksi aset digital NFT. Namun untuk melakukan keduanya, diperlukan modal terlebih dahulu.

Terdapat cara untuk mendapatkan passive income dari crypto dan NFT, yaitu dengan mengunduh aplikasi atau mengikuti aktivitas tertentu, misalnya mengisi survey, atau sekedar menonton tayangan video.

Bagi kamu yang tertarik ingin mendapatkan pendapatan pasif crypto yang NFT, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Mining Crypto/Mining Bitcoin

Cara paling mudah untuk mendapatkan passive income adalah dengan mining crypto, atau mining Bitcoin. Aktivitas ini biasanya dipilih oleh orang yang sibuk karena dapat dilakukan tanpa supervisi, dengan memanfaatkan software atau aplikasi mining Bitcoin.

Pastikan kamu memilih software atau aplikasi mining Bitcoin yang terpercaya dan terbukti dapat memberikan hasil optimal. Selain itu pastikan kompabilitas software atau aplikasinya, apakah hanya bisa digunakan di laptop, smartphone, atau keduanya.

2. Main Gim Play-to-Earn

Seperti namanya, gim play-to-earn (P2E) dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income. Dengan bermain, maka kamu bisa mendapatkan imbalan berupa NFT yang bisa dipejual belikan, atau langsung mendapatkan uang crypto yang nantinya bisa ditukar ke rupiah.

Sebagai awal, pilih lah gim P2E yang tidak membutuhkan modal untuk bermain. Kamu bisa mencoba untuk terbiasa dulu dengan jenis permainan ini, dan bila modal sudah cukup, baru lah kamu bisa mengeksplor lebih banyak jenis gim P2E lainnya, termasuk yang berbayar (membutuhkan modal).

3. Staking Proof-of-Stake (PoS)

Bila kamu belum paham dengan Proof-of-Stake (PoS), istilah ini digunakan untuk metode konsensus yang digunakan dalam teknologi blockchain. Jaringan PoS digunakan untuk menyetujui transaksi yang valid, dan berperan sebagai bukti kepemilikan di dalam sistem.

Cara kerja PoS seperti deposito, di mana sejumlah aset crypto yang kamu miliki akan terkunci di sebuat rekening dalam kurun waktu tertentu, dan kamu bisa menikmati bunganya setiap bulan.

4. Meminjamkan Aset Crypto

Khusus bagi kamu yang sudah memiliki beberapa aset crypto, kamu bisa mendapatkan passive income dengan cara meminjamkan aset crypto yang kamu miliki kepada orang lain, untuk diinvestasikan.

Pastikan kamu membuat perjanjian yang jelas dan tertulis kepada pihak peminjam untuk mengembalikan aset crypto yang dipinjam, beserta jumlah persentase bunga yang telah disetujui bersama pembagiannya.

5. Ikut Program Referral

Beberapa platfrom crypto dan NFT memiliki program referral yang akan memberikan komisi kepadamu bila berhasil mengajak orang lain bergabung dan membuat akun di latform tersebut.

Beberapa orang menafaatkan program ini untuk mendapatkan passive income berupa uang crypto atau aset digital NFT. Kamu tidak perlu melakukan banyak hal, hanya perlu membagikan kode referral saja, dan pendapatan pasif akan masuk secara otomatis.

6. Buat dan Jual Aset Digital NFT

Khusus bila kamu memiliki bakat seni, maka cara mendapatkan passive income crypto dapat dilakukan dengan menjual karyamu melalui marketpalce NFT. Karya tersebut akan menjadi milikmu, walau sudah berpindah kepemilikan.

Passive income akan kamu dapatkan ketika karya NFT yang sudah dibeli oleh orang tersebut, diperjual belikan kembali. Sebagai kreator yang menciptakan NFT, kamu akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi penjualan yang terjadi.

Optimalkan Passive Income Kamu

Beberapa cara di atas hanya sebagian dari banyak cara lainnya untuk mendapatkan passive income crypto dan NFT. Kelimanya adalah cara paling mudah yang bisa kamu coba.

Satu hal yang perlu dicatat passive income adalah pemasukan yang berjalan lambat dan dimaksudkan untuk jangka panjang, jadi jangan berharap akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Selain itu, beberapa cara mendapatkan passive income dari crypto dan NFT yang disajikan dalam artikel ini juga membutuhkan modal, contohnya untuk membeli perangkat mining Bitcoin. Jadi pastikan kamu sudah benar-benar siap, ya.


#cryptocurrency

Artikel Terkait