Cryptobook Logo

Cara Daftar dan Menjual NFT di OpenSea

cara daftar openseaFoto: OpenSea

Bila mengikuti perkembangan NFT, tentunya tahu atau pernah mendengar tentang OpenSea, yaitu sebuat platfrom marketplace NFT terbesar di mana para kreator dan kolektor NFT berkumpul untuk melakukan transaksi jual beli aset digital.

Terlepas dari kepopulerannya, masih banyak orang yang awam dengan keberadaan marketplace OpenSea, terutama bagaimana cara mendaftar dan menggunakannya, walau pun sebenarnya mereka sudah memiliki akun.

Untuk pengguna pemula, OpenSea bisa cukup membingungkan, karena memang membutuhkan waktu untuk lebih familiar dengan platfrom marketplace NFT satu ini.

Nah, bagi kamu yang mau mencobanya, berikut adalah panduan untuk daftar, menggunakan, dan cara membuat NFT di OpenSea.

Cara Daftar dan Buat Akun di OpenSea

cara buat akun openseaFoto: OpenSea

Untuk bisa menjual atau membeli aset digital NFT di OpenSea, maka kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah selesai mendaftar, maka kamu bisa bertransaksi menggunakan akun tersebut.

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan lupa untuk membuat akun wallet crypto atau dompet digital terlebih dahulu. Terdapat beberapa pilihan dompet kripto yang bisa kamu pilih, salah satu yang paling populer adalah MetaMask.

Nah, bila persiapannya sudah cukup, maka kamu bisa mulai membuat wallet crypto MetaMask terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka platfrom OpenSea melalui browser, bisa menggunakan laptop atau smartphone. Selain web, kamu juga bisa mengunduh aplikasi OpenSea.
  2. Unduh browser extension MetaMask untuk menyambungkan dompet digital kripto ke akun OpenSea kamu. 
  3. Buat dompet digitalmu dengan memilih opsi ‘Create a Wallet’. Ini digunakan untuk login ke OpenSea dan menyimpan uang crypto.
  4. Buat password yang tidak mudah untuk diketahui oleh orang lain, agar dompet digitalmu aman.
  5. Setelah melewati langkah tersebut, maka akan muncul ketentuan penggunaan platfrom, pilih ‘I Have Read’ bila kamu sudah paham. Lalu pilih ‘Create’. Kamu akan diarahkan ke halaman MetaMask.
  6. Saat Secret Recovery Phase muncul, catat dan simpan dengan baik. Pastikan kamu mengisi sesuai dengan urutan yang diminta bila diperlukan nanti. Bila sudah, pilih ‘Confirm’.
  7. Pendaftaranmu berhasil bila muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa akun telah aktif. Pilih ‘All Done’.

Setelah melewati langkah-langkah di atas, itu berarti kamu sudah memiliki akun wallet crypto MetaMask. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan platform marketplace OpenSea dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs OpenSea dari browser laptop atau smartphone. Kamu juga bisa melakukan ini dari aplikasi OpenSea.
  2. Masuk (login) ke OpenSea menggunakan dompet digital MetaMask yang sudah kamu buat sebelumnya.
  3. Bila muncul notifikasi dari MetaMask, lihat baik-naik informasi yang tampil di layar, dan pastikan semuanya sudah benar, lalu pilih ‘Next’ untuk melanjutkan.
  4. Pilih ‘Next’ lagi saat muncul notifikasi kedua. Bila berhasil, maka akan muncul logo OpenSea yang menandakan bahwa akun MetaMask kamu sudah terhubung.
  5. Selesai.

Memiliki akun OpenSea adalah satu hal. Berikutnya, kamu perlu melakukan verifikasi akun untuk memastikan bahwa akun yang dibuat tersebut adalah milikmu. Cara untuk melakukan verifikasi ini mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke platfrom OpenSea, baik itu versi web maupun aplikasi.
  2. Cari dan pilih menu ‘Account’, lalu pilih ‘Profile’.
  3. Bila muncul notifikasi Signature Request dari MetaMask, pilih ‘Sign’ dan isi informasi Username dan Email kamu, lalu pilih ‘Save’.
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk mengecek email-mu. Sgera buka inbox email dan lakukan verifikasi. Caranya mudah, cukup klik link yang dikirimkan melalui email tersebut.
  5. Selesai. Kini kamu bisa mulai bertransaksi di OpenSea sebagai kreator atau kolektor.

Cara Menjual NFT di OpenSea

cara menjual nft di openseaFoto: OpenSea

Bila tujuan kamu membuat akun OpenSea adalah untuk menjual aset digital NFT, maka kamu harus memiliki karya yang ingin dijual. Karya tersebut bisa berupa gambar yang kamu buat sendiri, foto hasil jepretanmu, item gim, hingga video dan musik karyamu.

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah, semua aset digital tersebut adalah milikmu sendiri. Artinya, kamu tidak menggunakan atau mencuri karya orang lain untuk mendapatkan profit. Karya-karya tersebut bisa kamu jadikan NFT dengan mengikuti langkah-lengkah berikut ini:

  1. Buka marketplace OpenSea melalui situs web atau aplikasi.
  2. Pada halaman muka, pilih ‘Create’ untuk mengubah karyamu menjadi NFT.
  3. Unggah file karya yang ingin kamu jadikan NFT dengan menggunakan menu dropdown yang tersedia, lalu lanjutan dengan memilih ‘Create’ yang ada di bagian bawah halaman.
  4. Isi informasi tentang karyamu dengan detail dan jelas. Pengisian ini bebas, sehingga kamu bisa menuliskan apa saja, mulai dari nama karya hingga deskripsinya.
  5. Bila karya telah diunggah, maka kamu bisa pilih ‘Save’. Karyamu telah berubah menjadi aset digital NFT.
  6. Untuk menjual NFT buatanmu, pilih menu ‘My Collection’ dengan cara klik foto profilmu.
  7. Pilih aset digital NFT yang ingin dijual, lalu pilih ‘Sell’.
  8. Bila sudah, pilih metode penjualannya, bisa dengan ‘Fixed Price’ untuk menjual dengan harga penuh, atau ‘Time Auction’ untuk menjualnya secara lelang.
  9. Isi harga NFT yang ingin dijual dengan nominal Ethereum (ETH).
  10. Pilih durasi penjualan NFT pada menu ‘Duration’, lalu pilih ‘Complete Listing’.
  11. Selesai. Kamu akan mendapatkan konfirmasi bila aset digital NFT tersebut telah tersedia di marketplace OpenSea.

Setiap transaski penjualan aset digital NFT yang dilakukan di OpenSea akan dikenakan biaya 2,5%. Biaya ini akan langsung dipotong dari hasil penjualan NFT.

Bagaimana, sudah siap untuk menjual karya NFT buatanmu? Semoga artikel panduan cara membuat akun OpenSea dan menjual aset digital NFT ini bisa bermanfaat, ya. Selamat mencoba!


#NFT

Artikel Terkait