Cryptobook Logo

6 Cara Memilih Marketplace NFT Terbaik Agar Tidak Rugi

cara memilih marketplace nft yang tepatFoto: Pixabay

Sebagai kreator atau sekedar kolektor dan penikmat aset digital NFT, tentunya membutuhkan tempat untuk bertransaksi. Tempat ini disebut marketplace dan tidak jauh berbeda dengan marketplace pada umumnya, hanya saja barang yang diperjual belikan adalah NFT, dan pembayarannya menggunakan uang crypto.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan layanan marketplace NFT, karena tidak semua orang nyaman dengan sistem yang diterapkan oleh setiap marketplace. Misalnya besaran biaya admin yang harus dikeluarkan.

Jenis-Jenis Marketplace NFT

Sebelum memilih marketplace NFT apa yang ingin kamu gunakan untuk bertransaksi aset digital NFT, maka kamu perlu mengetahui dulu jenis-jenis marketplace yang ada saat ini.

Pada umumnya setiap marketplace melayani transaksi jenis NFT yang berbeda-beda, namun ada juga yang menerima semuanya sekaligus dalam satu wadah.

Marketplace NFT dibagi menjadi beberapa jenis, yang paling umum adalah marketplace NFT yang memiliki berbagai kategori, jadi semua jenis aset digital NFT bisa diperjual belikan di sini. Contoh yang paling populer adalah OpenSea atau Rarible.

Lalu ada juga jenis marketplace NFT yang hanya menerima NFT yang berupa karya seni digital (artwork/gambar). Contoh marketplace jenis ini di antaranya adalah Nifty Getaway, KnownOrigin, dan SuperRare.

Bagi penggemar musik, ada juga marketplace yang khusus memperjual belikan aset NFT musik seperti Zeptagram dan AirNFTs. Sementara kolektor NFT olahraga biasanya mengunjung marketplace seperti NBA Top Shot atau Sorare.

Selain marketplace NFT yang berdiri sendiri, bisa juga ditemukan marketplace yang menyatu dengan gim, contoh yang paling populer adalah Axie Infinity. Lalu, ada juga jenis marketplace NFT Tweets seperti Valuables, dan ASMR seperti xtingles.

Cara Memilih Marketplace NFT Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis marketplace NFT yang ada dan menentukan kategori apa yang kamu inginkan, maka selanjutnya adalah memilih marketplace apa yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Terdapat beberapa faktor yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk memilih marketplace NFT yang cocok untukmu. Berikut cara untuk memilih marketplace NFT terbaik.

1. Tentukan Jenis NFT yang Kamu Inginkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih marketplace NFT adalah dengan menentukan jenis NFT apa yang akan kamu buat (sebagai kreator) atau beli (sebagai kolektor).

Dengan memilih marketplace yang sesuai dengan preferensi atau minatmu, maka kamu bisa menggunakan hanya satu platfrom marketplace saja, tanpa perlu berpindah-pindah.

2. Lihat Rating dan Ulasannya

Kamu tidak sendirian dalam dunia NFT, banyak sekali kreator dan kolektor NFT diluar sana yang juga menggunakan platfrom marketplace untuk bertransaksi. Kamu bisa membaca ulasan-ulasan tentang suatu marketplace sebelum memilih.

Selain itu, perhatikan juga rating yang didapatkan oleh platfrom tersebut. Bila nilainya rendah, ada kemungkinan layanan yang diberikan tidak bagus, jadi sebaiknya kamu memilih marketplace NFT lainnya.

3. Pastikan Kompabilitas Wallet yang Digunakan

Sebelum membuat akun di marketplace NFT, perhatikan jenis wallet cryto yang digunakan. Ini adalah salah satu faktor penting karena semua pendapatanmu akan tersimpan di dompet digital tersebut.

Setiap wallet crypto memiliki opsi pembayaran dan biaya yang yang berbeda-beda, ini juga perlu diperhatikan agar pemasukan yang kamu terima tidak lebih kecil dari biaya-biaya lainnya.

4. Cek Gas Fee yang Dibebankan

Selanjutnya, cek berapa besaran Gas Fee yang dibebankan dari setiap transaksi NFT yang dilakukan melalui marketplace tersebut. Gas Fee ini seperti biaya admin, semakin besar yang dibebankan, maka akan semakin sulit bagimu mendapatkan cuan.

5. Pastikan Keamanannya

Satu hal yang tidak kalah penting ketika akan menggunakan jasa marketplace NFT adalah faktor keamanan. Pastikan platform tersebut memiliki sistem proteksi yang akan menjamin seluruh aset digital NFT dan crypto yang kamu miliki, terjamin keamanannya.

Pilih marketplace NFT yang menawarkan two-factor authentication (2FA) dan advanced encryption. Sebagai sistem yang digunakan untuk mengakses akun (login).

6. Sistem Transaksi yang Transparan

Terakhir, pastikan bahwa marketplace NFT tersebut memiliki sistem transaksi yang transparan, sehingga baik penjual maupun pembeli, mendapatkan informasi yang lengkap mulai dari harga, jumlah bid, hingga siapa pemilik NFT asli tersebut, dan sudah berapa kali NFT diperjual belikan.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memilih mana marketplace NFT terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, terutama bagi pemula. Jangan sampai salah pilih, ya!


#NFT

Artikel Terkait