Cryptobook Logo

Cara Mencairkan dan Tukar Bitcoin ke Rupiah Termudah

tukar bitcoin ke rupiahFoto: Pexels

Membahas cryptocurrency pasti akan mengingatkan pada Bitcoin. Sebagai uang crypto yang paling terkenal di seluruh dunia, Bitcoin memang memiliki tempat yang istimewa. Harganya yang tinggi juga membuat banyak investor memilih untuk berinvestasi Bitcoin dibandingkan dengan uang crypto lainnya.

Keuntungan memiliki aset digital Bitcoin adalah kemudahannya untuk digunakan dalam bertransaksi, karena hampir semua platfrom menerima uang crypto ini. Selain itu, Bitcoin juga telah diakui di banyak negara, bahkan telah diterima sebagai salah satu alat pembayaran yang resmi.

Pertanyaannya, apakah Bitcoin bisa dicairkan menjadi uang fiat seperti Rupiah? Tentu saja. Namun seperti aset investasi lainnya, harga Bitcoin juga naik turun mengikuti pasar. Jadi dibutuhkan kejelian dalam membaca pergerakannya, sehingga tidak merugikan ketika ditukar. Lalu bagaimana cara tukar Bitcoin ke Rupiah?

Cara Tukar Bitcoin ke Rupiah

Menjadi uang crypto yang berada di puncak sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, tentunya memberikan banyak sekali keuntungan bagi pemiliknya.

Bitcoin adalah jenis uang crypto yang terdesentralisasi. Artinya, setiap orang bisa melakukan transaksi jual beli Bitcoin dengan bebas, tanpa batasan. 

Selain diperjual belikan, Bitcoin juga bisa dijadikan sebagai alat pembayaran untuk membeli aset fisik seperti rumah, mobil, dan sebagainya.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan Bitcoin menjadi uang fiat, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas ATM Bitcoin. Sayangnya, fasilitas ini belum tersedia di Indonesia, sehingga diperlukan cara lain untuk menukar Bitcoin ke Rupiah.

1. Tukar Bitcoin ke Rupiah di Platfrom Jual Beli Crypto

Cara pertama dapat dilakukan untuk menukar Bitcoin ke Rupiah adalah melalui platform jual beli aset crypto (exchange) yang sudah tersedia di Indonesia seperti Indodax, Pintu, Nanovest, Zipmex, Matrixport, dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap platform memiliki regulasi masing-masing, yang berbeda antara satu dengan lainnya, terutama menyangkut biaya admin yang diterapkan, dan peraturan-peraturan lainnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk pencairan Bitcoin ke Rupiah pun berbeda-beda, ada platform yang bisa melakukannya dalam waktu beberapa menit sejak aset digital dicairkan, namun ada juga platfrom yang membutuhkan waktu hingga 5-7 hari kerja. 

Bitcoin yang dicairkan tersebut akan ditransfer langsung ke rekening bank dalam mata uang fiat Rupiah. Mengenai metode pencairannya sendiri, pada umumnya setiap platfrom memiliki kemiripan. Perbedaannya pada biaya admin dan hal-hal teknis lainnya saja.

2. Tukar Bitcoin ke Rupiah Secara Peer-to-Peer (P2P)

Berbeda dengan cara menukar Bitcoin ke Rupiah melalui platfrom jual beli uang crypto, metode peer-to-peer (P2P) ini sifatnya lebih mengutamakan privasi, artinya transaksi dilakukan secara langsung tanpa melibatkan pihak ketiga (platfrom jual beli).

Sebagai orang yang akan melakukan pencairan, kamu akan bertindak sebagai orang pertama, sementara pihak kedua adalah penyedia uang fiat yang akan langsung mentransfer uang Rupiah hasil penukaran ke rekening bank.

Selain itu, metode P2P juga dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan cara bertemu muka langsung, di mana pihak kedua akan menerima sejumlah Bitcoin yang akan ditukar secara digital, lalu memberikan uang Rupiah secara tunai.

Metode tukar Bitcoin ke Rupiah ini memberikan rasa aman bagi investor yang baru pertama kali bertransaksi Bitcoin, namun kesiagaan tetap diperlukan. Lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap pihak kedua, terutama dari sisi kredibilitasnya.

Pastikan kita sudah meminimalisasi segala bentuk kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh pihak kedua. Kecurangan yang paling umum adalah menukar Bitcoin ke Rupiah jauh dibawah harga pasaran, sehingga membuat kita rugi besar.

Ada beberapa aplikasi dan platform yang melayani penukaran Bitcoin ke Rupiah. Pastikan salah satu fitur yang tersedia adalah escrow, dimana transaksi dinyatakan selesai ketika kita sudah menerima uang Rupiah yang ditukarkan.

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk tukar Bitcoin ke Rupiah. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba!


#cryptocurrency

Artikel Terkait