Cryptobook Logo

10 Crypto yang Diprediksi akan Mengalami Kenaikan di 2023

kripto yang akan naik 2023Foto: Pexels

Pasar crypto di tahun 2022 mengalami kelesuan pada pertengahan tahun. Beberapa mata uang crypto yang telah mencapai porsi terbesar seperti Bitcoin, Ethereum dan Solana menjadi pemimpin pasar selama beberapa waktu. Ini yang menjadi alasan ketiganya menjadi uang crypto terpopuler untuk investasi.

Uang Crypto yang Akan Naik di 2023

Saat ini tercatat ada sekitar lebih dari 22.000 uang crypto yang ada di pasaran, namun tidak semuanya memiliki performa yang baik. Walau begitu, terdapat juga beberapa uang crypto yang menunjukkan pergerakan yang positif, dengan pencapaian nilai yang cukup signifikan.

Tim redaksi Cryptobook telah mengumpulkan berbagai data berdasarkan wawasan yang dibagikan oleh para pemerhati pasar dan pakar crypto dari berbagai sumber, dan merangkum sepuluh uang crypto yang diprediksi akan mengalami kenaikan di tahun 2023.

1. Bitcoin (BTC)

Tidak dapat dipungkiri, Bitcoin (BTC), masih menjadi pemimpin yang menguasai porsi besar pasar crypto di seluruh dunia. Menjadi yang pertama memang memberikan keunggulan tersendiri.

Walau telah mengalami turun naik dalam beberapa tahun belakangan ini, tetap perlu diakui bahwa nilai Bitcoin masih tinggi. Sebagai uang crypto pertama yang berjalan di atas blockchain, Bitcoin memang pilihan yang paling tepat untuk investasi.

2. Polygon

Sebagai platform pertama dengan struktur yang memberikan kemudahan untuk melakukan proses skala Ethereum (ETH), Polygon (MATIC) berhasil meraih kepopulerannya pada pertengahan tahun 2022, walau secara resmi uang crypto ini telah hadir sejak tahun 2017.

Polygon sendiri merupakan sebuah token ERC-20 yang berjalan di blockchain Ethereum. Harga uang crypto ini lebih mudah untuk diprediksi, sehingga mampu menimbulkan deflasi MATIC dengan cara membakar koin. Tujuannya agar tidak ada kelebihan sirkulasi token di pasaran. Sehingga nilainya meningkat dengan cepat.

3. Binance Coin (BNB)

Binance Coin memiliki keunggulan dalam memberikan kemudahan bertransaksi, karena uang crypto ini dalat dikonversi menjadi uang crypto lainnya, termasuk Bitcoin.

Keunggulan tersebut membuat Binance Coin menjadi fleksibel, terlebih lagi untuk digunakan sebagai media bertransaksi jual beli barang secara digital maupun dalam wujud fisik.

4. Solana (SOL)

Sejak kemunculannya, Solana telah menunjukkan taringnya di pasar cryptocurrency, termasuk posisinya yang selalu bersaing dengan Ethereum. Solana menjadi pilihan investor karena biaya transaksi yang rendah.

Solana diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan di tahun 2023, terlebih lagi dengan pergerakan positifnya menjalang akhir tahun 2022.

5. Dogecoin (DOGE)

Murah menjadi kata yang tepat untuk mendeskripsikan Dogecoin, yang sekaligus menjadi salah satu keunggulan utama dari uang crypto ini. Dengan harga yang sangat terjangkau, kepopulerannya menjadi sulit untuk disaingi.

Selain itu, Dogecoin juga relatif lebih aman, karena harga yang murah membuat risiko kerugian menjadi jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan uang crypto lain yang ada di pasaran.

Memang diperlukan kesabaran untuk mendapatkan keuntungan dari Dogecoin, namun selama pergerakannya stabil, keuntungan menjadi satu hal yang bisa diharapkan oleh para investor.

6. Avalanche (AVAX)

Avalanche adalah salah satu uang crypto yang meraih kepopulerannya di tahun 2022, dengan nilai yang perlahan tapi pasti terus merangkak naik, bahkan pernah menyalip Ethereum. Alasannya, karena biaya transaksi yang jauh lebih rendah.

Selain itu, posisi Avalanchedi pasar cryptocurrency juga sangat fluktuatif, sehingga dapat dengan mudah mencuri perhatian para investor untuk menjadikannya sebagai salah satu aset berharga dengan prediksi kenaikan yang stabil.

7. Shiba Inu (SHIB)

Uang crypto Shiba Inu (SHIB) adalah salah satu cryptocurrency terpopuler sejak awal tahun 2022, terutama bagi pemilik yang ingin berinvestasi jangka panjang. Nilainya terbilang cukup stabil, bahkan ketika pasar cryprto sedang lesu.

Banyak pakar cryptocurrency yang menyebutkan bahwa investasi Shiba Inu dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Terlebih lagi, uang crypto ini telah berhasil menguasai kapitalisasi pasar yang kuat hingga lebih dari 11 milyar dolar AS di awal tahun 2022.

8. XRP

XRP adalah uang crypto yang digunakan oleh Bank untuk melakukan transaksi perbankan secara internasional karena memiliki proses yang jauh lebih cepat dan murah bila dibandingkan dengan SWIFT.

Hal tersebut memberikan keunggulan pada XRP sebagai blockchain paling inovatif yang telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 200 bank di seluruh dunia, sekaligus menjadikannya sebagai uang crypto paling stabil di pasaran saat ini.

9. USD Coin

USD Coin adalah uang crypto yang populer di kalangan investor karena memiliki nilai uang fiat USD 1 per koin. Ini berarti, setiap USD 1 (uang fiat) mendukung USD Coin di rekening bank terpisah, sehingga dapat terhindari dari volatilitas.

Selain itu, dengan menginvestasi pada USD Coin, maka pemiliknya dapat terhindar dari risiko harga yang terkait dengan ung crypto besar seperti Bitcoin.

10. Cardano

Cardano adalah uang crypto generasi ketiga yang sekaligus menjadi generasi terbaik, karena mampu menggabungkan kombinasi terbaik dari generasi pertama dan kedua (contoh: Bitcoin dan Ethereum).

Uang crypto ini menggunakan sistem Proof of Stake (PoS) untuk meningkatkan keberlanjutannya. Hal ini lah yang membedakan Cardano dengan uang crypto lainnya. Pergerakannya positif, sehingga menjadi salah satu uang crypto yang diprediksi akan mengalami kenaikan signifikan.

Sudah siap berinvestasi crypto di tahun 2023? Jangan lupa untuk selalu bijak dan melakukan banyak riset sebelum memutuskan untuk melakuna investasi, ya!


#cryptocurrency

Artikel Terkait