Cryptobook Logo

Panduan Cara Membeli Uang Crypto untuk Pemula

cara beli uang cryptoFoto: Pexels

Hadirnya beberapa mata uang kripto yang telah diakui di Indonesia membuat sebagian masyarakat tertarik untuk berinvestasi. Terlepas dari kondisi pasar kripto yang memang sedang lesu, antusiame para investor ini tampaknya masih belum surut.

Beberapa platform jual beli aset digital crypto lokal pun telah hadir di Indonesia, sehingga masyarakat memiliki lebih banyak opsi untuk berinvestasi di uang crypto. Sayangnya, masih ada sebagian orang yang belum paham bagaimana cara membeli uang kripto atau cryptocurrency.

Cara Membeli Uang Kripto untuk Pemula

cara beli uang kriptoFoto: Pexels

Sebelum memutuskan untuk membeli uang crypto, perlu dipahami dulu apa yang dimaksud dengan cryptocurrency. Secara singkat cryptocurrency atau uang crypto, adalah mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi.

Karena bentuknya digital dan hanya hadir dalam wujud virtual, maka uang crypto ini hampir tidak mungkin untuk dipalsukan, atau dibelanjakan secara ganda.

Cryptocurrency sendiri adalah sebuah jaringan yang terdesentralisasi menggunakan basis teknologi blockchain. Uang crypto ini tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, tidak seperti uang fiat yang menjadi mata uang resmi setiap negara di dunia.

Seperti kebanyakan aset investasi lainnya seperti properti, emas, dan lain sebagainya, uang crypto juga memiliki nilai jual yang naik turun menyesuaikan kondisi pasar saat transaksi dilakukan. 

Waktu yang tepat untuk membeli memang saat harga sedang turun, namun diperkukan kejelian untuk melihat potensi kenaikannya di kemudian hari. Berikut cara untuk membeli uang crypto untuk pemula.

1. Pilih Platfrom Jual Beli Crypto yang Tepat

Platform jual beli aset digital crypto biasa disebut juga sebagai broker. Platfrom ini biasanya bisa diakses melalui dua cara, yaitu dengan mengunjungi halaman situs resminya, atau dengan mengunduh aplikasinya di perangkat hp Android atau iOS.

Terdapat banyak sekali platfrom jual beli aset crypto saat ini, namun bisa ingin lebih mudah memahaminya, maka bisa mencoba platfrom kripto lokasl seperti Indodax, Pintu, atau Nanovest dan sebagainya. 

Pilih lah yang sesuai dengan kebutuhan dari fitur-fitur yang ditawarkan, terutama metode pembelian uang crypto-nya. Ada platfrom yang bisa menerima uang fiat untuk membeli crypto, namun ada juga yang hanya bisa dibeli dengan uang crypto lainnya.

2. Buat Akun di Platform Jual Beli

Bila sudah memilih platform jual beli crypto apa yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun di platform tersebut.

Ikuti setiap persyaratan dan isi data yang diminta dengan sebenar-benarnya. Untuk platfrom lokal, biasanya akan ada persyaratan KTP dan sejenisnya. Namun bila yang digunakan adalah platfrom buatan luar, ada juga yang meminta data paspor.

3. Buat Deposit Awal

Untuk mulai menggunaan platform jual beli crypto yang sudah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah membuat deposit. Seperti halnya membuat membuka akun deposito di bank, maka diperlukan deposit dalam bentuk uang crypto atau uang fiat.

Uang fiat yang dimaksud di sini adalah Rupiah. Platform jual beli crypto lokal pada umumnya menerima mata uang Rupiah sebagai deposit awal, yang nantinya akan dikonversi menjadi uang crypto bila akan diinvestasikan.

Seperti halnya mengisi saldo di bank, terdapat beberpa opsi untuk melakukan deposit, bahkan ada plaform yang menerima pembayaran dengan OVO atau GoPay, selain tentunya transfer via bank.

4. Beli Uang Crypto untuk Diinvestasikan

Setelah melakukan deposit, maka langkah selanjutnya adalah membeli aset digital berupa uang crypto. Terdapat berbagai jenis uang crypto pada platform jual beli, beberapa yang populer di antaranya adalah Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Bila masih bingung untuk memilih mana yang menguntungkan, maka gunakanlah fitur market yang ada di platfrom jual beli crypto. Fitur ini biasanya berupa grafik pergerakan uang crypto dari hari ke hari yang selalu update setiap waktu.

Dengan melihat pergerakan setiap uang crypto, maka kita bisa mengetahui sekaligus mempelajari kapan waktu yang tepat untuk membelinya, agar tidak rugi. 

Dalam hal ini, diperlukan kejelian dalam memahami pasar uang crypto. Bila sudah menentukan pilihan, maka beli uang crypto tersebut menggunakan uang fiat yang telah didepositkan sebelumnya.

Cara Menyimpan Uang Crypto

cara beli uang cryptoFoto: Pexels

Setelah membeli dan menginvestasikan uang crypto, maka selanjutnya adalah mencari tempat untuk menyimpan uang crypto tersebut. Terdapat dua opsi yang bisa dipilih.

Opsi pertama adalah menyimpan uang crypto di platfrom jual beli yang digunakan. Bila ingin mengubah uang crypto menjadi uang fiat, maka bisa langsung mentransfer uang crypto tersebut, yang nantinya akan dikonversi secara otomatis menjadi uang fiat.

Opsi kedua adalah memindahkan uang crypto ke dompet digital atau wallet crypto. Terdapat banyak sekali dompet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, atau Anda bisa pilih beberapa rekomendasi tim redaksi Cryptobook di sini.


#cryptocurrency

Artikel Terkait